Selasa, 16 Mei 2017

PENGHUNI JAHANNAM ...


PEMANDANGAN PENGHUNI DI JAHANNAM 
1. Di Jahannam terdapat sebuah gunung api Shu’uda yang Allah memerintahkan orang kafir (Al-Walid bin Mughirah) untuk mendakinya.
Aku akan membebaninya mendaki pendakian yang memayahkan.( Al-Muddatstsir: 17). 
Menurut riwayat Imam Ahmad, setiap kali dia meletakkan tangannya di atas gunung tersebut, maka tangannya langsung meleleh. Dan ketika diangkat kembali seperti semula. Dia akan menghabiskan waktu selama 70 tahun untuk mendakinya, dan menuruninya selama 70 tahun juga. 

2.  Di Jahannam juga terdapat lembah Al-Ghayy, yaitu lembah di dasar Jahannam yang dialiri nanah bercampur darah dari para penghuni neraka. Lembah ini disediakan Allah kepada mereka yang meremehkan solat dan mengikuti syahwatnya. Maka datanglah sesudah mereka, pengganti (yang jelek) yang menyia-nyiakan solat dan memperturutkan hawa nafsunya, maka mereka kelak akan menemui kesesatan,
(Maryam: 59). 

3.. Juga lembah Atsam yang berisi ular dan kalajengking, adzab didalamnya berlipat-lipat. Lembah ini diperuntukkan bagi mereka yang berbuat syirik, berzina dan membunuh jiwa tanpa hak. 
Dan orang-orang yang tidak menyembah tuhan yang lain beserta Allah dan tidak membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) kecuali dengan (alasan) yang benar, dan tidak berzina, barang siapa yang melakukan demikian itu, nescaya dia mendapat (pembalasan) dosa (nya), (yakni) akan dilipatgandakan azab untuknya pada hari kiamat dan dia akan kekal dalam azab itu, dalam keadaan terhina
(Lihat QS.Al-Furqan: 68). 

4.. Ada juga lembah Maubiqa yang berisi nanah di dalam neraka Jahannam. Allah menyiapkannya untuk para penyembah berhala. 
Dan sesungguhnya orang-orang kafir itu benar-benar hampir menggelincirkan kamu dengan pandangan mereka, tatkala mereka mendengar Al Qur'an dan mereka berkata: "Sesungguhnya ia (Muhammad) benar-benar orang yang gila" Dan Al Qur'an itu tidak lain hanyalah peringatan bagi seluruh umat.
(Al-Kahfi:51-52). 

5.. Ada juga sebuah rumah bernama Al-Falaq, Ibnu Rajab mengatakan jika pintunya dibuka, maka seluruh penduduk neraka akan menjerit kerana tidak mampu menahan panasnya. Wallahu a’lam. 

6. Di Jahannam juga terdapat penjara Bulas dimana orang-orang yang menyombongkan diri akan dihalau seperti semut-semut kecil berbentuk manusia, mereka diselimuti dengan kemarakan api dan terbenam dalam peluh dan nanah yang bercampur darah penduduk neraka. (HR. Ahmad). 

7. Belenggu Jahannam. Di dalam Jahannam ada tiga belenggu; Al-Aghlal, yaitu belenggu dari besi membara yang dipasang dileher penduduk neraka. Dan orang-orang yang dianggap lemah, berkata kepada orang-orang yang menyombongkan diri: '(Tidak), sebenarnya tipu-daya (mu) di waktu malam dan siang (yang menghalangi kami), ketika kamu menyeru kami, supaya kami kafir kepada Allah, dan menjadikan sekutu-sekutu bagi-Nya'. Kedua belah pihak menyatakan penyesalan, tatkala mereka melihat azab. Dan kami pasang belenggu di leher orang-orang yang kafir. Mereka tidak di balas, melainkan dengan apa yang telah mereka kerjakan'.
(QS. Saba: 33), 
Al-Ashfad, yaitu tali api yang sangat kuat sehingga membuat seseorang tak berdaya.Dan kamu akan melihat orang-orang yang berdosa pada hari itu diikat bersama-sama dengan belenggu. 
(QS. Ibrahim: 49) 
Dan As-Salasil, yaitu rantai besi yang panjangnya 70 hasta.Kemudian belitlah dia dengan rantai yang panjangnya tujuh puluh hasta. 
(QS. Al-Haqqah: 32). 

8.. Cambuk Jahannam. Allah berfirman: “Dan untuk mereka cambuk-cambuk dari besi.” 
(QS. Al-Hajj: 21). PARA PENJAGA NERAKA Allah menggambarkan tentang karakter malaikat penjaga neraka, mereka adalah makhluk yang sangat keras dan kasar. Allah berfirman: “Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu;penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjaka apa yang diperintahkan.” 
(QS. At-Tahrim: 6).
~Wallahu'alam
~Jaksa kotaraja

Tiada ulasan:

Catat Ulasan